NISSAN VG30DETT

MESIN-MESIN JDM LEGENDARIS

NISSAN VG30DETT

Nissan mengeluarkan varian mesin VG30DETT pada tahun 1989 hanya untuk digunakan pada jenis mobil balap mereka, 300ZX(versi JDM/Japanese Domestic Market/pasaran dalam negeri jepang  kita kenal sebagai  Fairlady Z).  Jenis  mesinVG30DETT adalah pengembangan dari jenis mesin tanpa turbo sebelumnya yaitu jenis mesin VG30DE, bagaimanapun juga mesin dengan 6 selinder berkonfigurasi selinder V-6 60 derajat berbahan baja tuang ini membutuhkan pertimbangan yang matang  sebelum dipasang pada ruang mesin 300ZX. Kapasitas mesin ini tetap 2960 cc dengan diameter dan langkah piston 87mm x 83mm, tetapi hampir semua komponen dalam mesin ini telah di revisi. Setang piston kruk-asnya telah diganti dengan material baja yang kualitasnya lebih tinggi. Bearing/laher pada setang piston dilengkapi dengan tembaga/logam hitam berkekuatan tinggi yang disebut Kellmet. VG30DETT menggunakan piston berbahan aluminium  dengan rasio kompresi 8.5:1 . piston ini dilengkapi dengan saluran pendingin dalam didekat dome/puncak pistonnya. Untuk  meredam panas yang dihasilkan pada proses pembakaran,  penyemprot oli pada piston menyemburkan oli pada saluran ini melalui celah yang terbuka pada sisi bawah piston.

Semua kepala selinder aluminium dengan 24 katup/klep keempat nokennya dilengkapi dengan NVCS (Nisan valve timing control system) pada noken intake-nya(saluran masuknnya) . diatur oleh electronik dan digerakkan oleh sitem hidrolik, NVCS mempercepat atau memperlambat buka tutup klep sesuai dengan kecepatan dan beban kerja mesin. Ruang bakar pent roof dan sistem pengapian tenpa pembagi arus dipilih untuk meningkatkan efisiensi pembakaran, daripada menggunakan intake(saluran masuk) yang menyatu untuk semua selinder, setiap selinder memiliki saluran intakenya masing yang terpisah dengan saluran intake selinder lain untuk mendapatkan pasukan udara yang lebih bagus menuju selinder, saluran gas buang juga di desain ulang untuk meningkatkan kemampuan menyalurkan gas buang.

Bagian terpenting dari mesin ini adalah kedua turbocharger yang di kembangkan secara khusus untuk jenis mesin VR30DETT ini oleh Garrett.  Setiap sisi mesin ini memiliki turbocharger masing-masing yang berpasangan dengan intercooler(pendingin) masing- masing yang terpasang di depan. Turbocharger ini adalah gabungan dari dua komponen turbocharger, menggunakan rumah pompa milik jenis turbocharger T25 dan menggunakan kipas/turbin milik jenis turbocharger T2 yang bisa dengan mudah menghilangkan gejala keterlambatan tekanan turbo.  Selain menggunakan sistem pendinginan oli turbo ini juga menggunakan sistim pendinginan air/ radiator. Air disirkulasikanke sekeliling turbocharger sampai temperatur turbo berada dibawah titik didih cairan pendingin.

VR30DET adalah mesin yang sangat kuat dan canggih pada masanya. Mesin ini menghasilkan 300 tenaga kuda pada putaran mesin 6400 RPM dan torsi sebesar 384 NM pada 3600 RPM. Nissan menghetikan produksi 300ZX pada tahun 1996 akan tetapi persi JDMnya, Fairlady Z , prduksinya dilanjutkan hingga 1999. Seiring dengan berakhirnya produksi Fairlady Z , produksi VG30DETT juga dihentikan.

MODEL                      : VG30DETT

Kapasitas Mesin          : 2960cc

Tenaga                         : 280 – 300 hp(horse power/tenaga kuda)

Rasio kompresi            : 8.5 : 1

Diameter Piston          : 87.0 mm

Langkah Piston           : 83.0 mm

Tahun Produksi           : 1989 – 1999

TRANSLATED BY : L.IFTIHAR INDRAPRAJA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s