MITSUBISHI 4B11T

MESIN-MESIN JDM LEGENDARIS

MITSUBISHI 4B11T

Mesin 4B11T diluncurkan pada tahun 2007 untuk menggantikan jenis mesin 4G63 yang telah diproduksi selama hampir 2 dekade. Selama masa produksinya mesin jenis 4G63 telah membuktikan dirinya sebagai mesin yang bisa diandalkan dan kuat dalam berbagai aspek. Merancang mesin jenis 4B11T adalah merupakan tantangan yang besar bagi mekanik dan perancang mesin mitsubishi. 4B11T harus lebih efisien dan lebih ramah lingkungan dan juga harus bisa lebih baik daripada jenis mesin sebelumnya yaitu 4G63.

4B11 adalah mesin dengan 4 selinder berkonfigurasi inline/segaris, kepala selinder menggunakan dua noken ganda (DOHC) dengan 4 katup di tiap selinder. boost/dorongan tenaga dihasilkan dari satu buah turbocharger. Kapasitas mesin 4B11 1998cc dengan diameter dan langkah piston menggunakan ukuran yang sama yaitu 86 mm, yang biasa kita sebut dengan desain mesin square. Mengurangi berat secara menyeluruh dan meningkatkan efisiensi mesin adalah dua masalah utama yang harus di specahkan oleh para mekanik dan ahli mesin. Selinder blok 4B11 terbuat dari bahan aluminium. Bahan aluminium dipilih untuk mengurangi bobot mesin. Penggunaan peredam kruk as untuk dihindari untuk meredam berat keseluruhan yang lebih jauh lagi. Komponen dalam mesin telahj di desain sedemikian rupa untuk mengatasi beban yang besar yang di timbulkan oleh turbocharger. Semua jenis mesin 4B11T yang keluar dari pabrikannya telah dilengkapi dengan piston tempa merk Mahle. Piston ini memiliki saluran pendinginan dengan jumlah saluran yang berbeda menuju ring piston tergantung saluran masuk dan sisi saluran buangnya. Sebagaimana piston, setang piston yang kuat juga mampu mengatasi beban yang berat. Setang piston terhubung dengan kruk as menggunakan laher berdiameter 21mm untuk meredam gesekan mesin.

Seperti selinder bloknya kepala selinder juga terbuat dari bahan aluminium tuang. Noken as di operasikan melalui setelan rantai kamrat dan  katupnya menggunakan konfigurasi langsung seperti jenis rocker arm/ penumbuk klep jenis terdahulu.  Setelan ini membutuhkan lebih sedikit komponen untuk di operasikan, oleh karena itu dibiarkan tetap menggunakan desain yang ringkas dan memiliki lebih  sedikit gesekan. Saluran masuk 35mm dan saluran buang 29mm, katup-katup telah digerakkan oleh noken dengan MIVEC(Mitsubishi variable valve timing system). Pada dasarnya tenaga mesin yang meluas dan tingkat emisi yang bersahabat/rendah adalah dua karakteristik/cirihas utama dari jenis mesin 4B11T. 4B11 kemudian dilengkapi oleh turbocharger tipe TD05H152G66-12T dan telah di operasikan oleh perangkat elekronik poada mesin untuk menunjang respon tarikan mesin.

Sudah jelas dan nyata trend modern saat ini, peningkatan efisiensi dan pertimbangan  terhadap lingkungan, memainkan peran penting selama proses desain sebuah mesin. Tetapi dengan adanya solusi dari mekanik dan ahli mesin yang memiliki banyak ide cemerlang, mesin jenis 4B11T dengan sukses memenuhi harapan-harapan tersebut tanpa ada yang dikorbankan pada performanya.

MODEL                      : 4B11T

Kapasitas Mesin          : 1998cc

Tenaga                         : 240 – 295 hp(horse power/tenaga kuda)

Rasio kompresi            : 9.0: 1

Diameter Piston          : 86.0 mm

Langkah Piston           : 86.0 mm

Tahun Produksi           : 2007 – sampai saat ini

TRANSLATED BY : L.IFTIHAR INDRAPRAJA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s