TOYOTA 2JZ-GTE

MESIN-MESIN JDM LEGENDARIS

TOYOTA 2JZ-GTE

Seri mesin terkuat dari semua mesin seri JZ, 2JZ GTE telah diketahui sangat bagus untuk digunakan pada toyota supra akan tetapi mesin ini sebenarnya telah dibuat sebelumnya untuk digunakan pada toyota aristo pada JGTC(japanese grand touring car championship). 2JZ-GTE  adalah pengembangan dari mesin 2JZ-GE mesin 6 selinder sejajar tanpan turbo. Sama-sama menggunakan selinder blok dan settang piston dari baja tuang, tetapi 2JZ-GTE  telah diperbaharui menggunakan piston tempa(forged piston), dengan kompresi 8.5:1, kruk as dengan baja tempa, batang penyemprot oli untuk meningkatkan pendinginan piston dan yang paling utama kedua buah turbonya. Kepala selinder DOHC(DOUBLE OVER-HEAD CAMSHAFT/NOKEN GANDA PADA KEPALA SELINDER) dengan bahan aluminium ini juga telah di desain ulang dengan saluran masuk yang lebih besar dan saluran buang yang lebih halus, katup yang lebih besar dan noken yang lebih liar. Untuk efisiensi pada kecepatan mesin yang tinggi, sistem distributor(pembagi arus) telah diganti dengan sistem coil over lugs(satu coil untuk semua busi tanpa pembagi arus).

Struktur baru yang dimiliki oleh dua buah turbo(turbo kembar) jenis mesin 2JZ-GTE memiliki dampak yang sangat dahsyat pada respon/tarikan mesin. Struktur menyatu seperti turbo-turbo jenis sebelumnya tidak tidak dapat mengganti selang waktu yang terbuang karena menggunakan tidak hanya satu turbo tapi dua turbo sistem-sistem yang digunakan sebelumnya. Dengan menggunakan turbo baru ini, 2JZ-GTE bisa menghasilkan tenaga dengan lebih cepat dan lebih merata dari pada struktur paralel(menyatu) seperti pada umumnya. Ketika tenaga meningkat pada putaran menengah semua gas buang mengalir melewati turbin/kipas turbo pertama. Ini membuat tenaga mesin menjadi lebih besar lebih awal pada 1800 RPM dan dengan hebat mengurangi keterlambatan turbo.  Ketika kecepatan mesin meningkat pada 4000 RPM beberapa saluran buang mulai mulai membagi tekanan dari turbo pertama kearah baling-baling turbo kedua. Pada pase ini turbo kedua memasuki pase “pre- spool” pase dimana baling-baling/turbin mulai berputar tetapi tidak memberikan tenaga tambahan terhadap mesin . ketika putaran mesin menyentuh angka 4500 RPM  saluran buang mulai membagi secara penuh tekanan udara diantara dua turbo ketika keduanya mendekati “full-spool(pelepasan tekanan udara secara penuh)”.

Dengan model turbo kembar dan intercooler berspesifikasi JDM, 2JZ-GTE dapat dengan mudah merai tenaga di angka 280 hp(horse power/tenaga kuda). Mesin berspesifikasi amerika utara dan eropa telah dilengkapi dengan injektor yang lebih besar dan turbo yang berbeda. Perubahan ini membuat mesin bisa menghasilkan tenaga sebesar 320 tenaga kuda. Perbedaan dari kedua jenis mesin ini adalah sebagai berikut.

JDM

Menggunakan turbo jenis CT12B dengan turbin dari bahan keramik

Injeksi bahan bakar 440 cc per menit

Dengan noken as berkonstruksi

Amerika utara dan Eropa

Menggunakan turbo jenis CT20A dengan turbin dari bahan logam stainles

Injeksi bahan bakar 550 cc per menit

Dengan noken as berkonstruksi

Teknologi VVT-i ( variable valve timing- with injection) milik toyota telah mulai diperkenalkan sejak tahun 1997. Pengenalan teknologi VVT-i ini tidak memiliki dampak sedikitpun terhadap peningkatan tenaga yang dikeluarkan mesin, akan tetapi efisiensi mesin yang ditingkatkan oleh teknologi ini. Produksi 2JZ-GTE berakhir pada tahun 2001 bersamaan dengan berakhirnya produksi toyota MK IV Supra.

2JZ-GTE terkenal oleh karena potensi tenaganya . kedua kruk as dan setang pistonnya dari pabriknya sudah terbuat dari baja tempa. Dengan komponen dalam yang terbuat dari baja tempa selinder blok baja tuang robust mesin 2JZ-GTE mampu meraih tenaga sebesar 400 tenaga kuda dengan hanya mengandalkan komponen mesin standarnya.

MODEL                      : 2JZ-GTE

Kapasitas Mesin          : 2997cc

Tenaga                         : 280 – 320 hp(horse power/tenaga kuda)

Rasio kompresi            : 8.5 : 1

Diameter Piston          : 86.0 mm

Langkah Piston           : 86.0 mm

Tahun Produksi           : 1991 – 2001

TRANSLATED BY : L.IFTIHAR INDRAPRAJA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s